v Carl Gustav Jung (1875-1961)
Merupakan
murid Freud, tetapi akhirnya mengmbangkan teorinya sendiri karena
ketidaksetujuannya pada pendekatan Freud yang terlalu berorientasi pada seks.
Jung lebih menekankan teori psikoanalisisnya pada ketidaksadaran kolektif dan
ketidaksadaran pribadi yang masing-masing menyimpan pengalaman dari masa
sebelum dilahirkan dan masa kanak-kanak yang berpengaruh pada ego yangmerupakan
inti kesadaran pada masa kini. Pada akhirnya Ego-lah yang berhubungan dengan
dunia luar.
·
Struktur kepribadian
Kepribadian
atau psyche adalah mencakup keseluruhan pikiran , perasaan ,dan tingkah laku
,kesadaran dan ketidak sadaran.
o
Kesadaran dan ego
Menrut jung
hasil pertama dari proses deferensiasi kesadaran adalah ego. Ego berperan
penting dalam menentukan persepsi,pikiran,dan ingatan yang bisa masuk
kesadaran.
o
Tak sadar pribadi dan komplek
Tak sadar
pribadi berisi pengalaman yang ditekan,yang dilupakan,dan yabg gagal
menimbulkan kesan sadar. Kompleks memppunyai inti,yaitu inti kompleks yang
bertindak sebagai magnet yang menarik atau mengkonsentrasikan berbagai
pengalaman kearahnya. Inti dan unsur yang terkait dgnnya bersipat tak sadar
tetapi kaitan-kaitannya dapat dan sering menjadi dasar.
o
Arseptip
o
Pesona
Pesona
dibutuhkan untukuntuk survival membantu diri mengontrol perasaan,pikiran dan
tingkahlaku. Tujuannyaadalah menciptakan kesan tertentu pada orang lain dan
sering juga menyembunyikan hakekatpribadi yang sebenarnya.
o Anima dan Animus
Manusia pada
dasarnya biseks. Begitu pula dalam kepribadian,ada arseptip feminim dalam
kepribadian pria yg disebut anima.
Dan arseptip maskulin dalam kepribadian wanita disebut animus.
o Shadow
Bayangan adalah arsetip yang
mencerminkan insting kebinatangan yan diwarisi manusia dari evolusi makhluk
tingkat rendahnya. Jadi bayangan adalah sisi kebinatangan dari kepribadian
manusia.
o Self
Sel adalah
arstipyang memotivasi perjuangan orang menuju keutuhan. Self menjadi pusat
kepribadian. Melalui slf aspek kreativitas dalamketidaksadaran dirubah menjadi
disadar dan disalurkanke aktivitas produktif.
icthisar
tipologi jung
Sikap
|
Funsgi
|
Tipe
|
Cara kepribadian
|
|
Fikian
|
Ektraversi-pikiran
|
Manusia ilmiah,aktivitas intelektual,data objektif
|
|
perasaaan
|
Ekstraversi-perasan
|
Manusia dramatik,menyatakan emosi sec.terbuka dan cepat berubah
|
|
Pengindraan
|
Eksraversi-pengindraan
|
Pemburu kenikmatan,menyenangi dunia apa adanya
|
|
Intuisi
|
Ekstraversi-ntuisi
|
Pengusaha ,bosan dengan rutinitas terus menerus menginginkan duia baru
untuk ditaklukan
|
|
Fikiran
|
Introversi-perasaan
|
Manusia filsuf,penelitian intelektual internal
|
|
perasaan
|
Introversi-perasaan
|
Penulis kreatif, sering mengalami emosional
|
|
Pengindraan
intuisi
|
Intrversi-pengindraan
Introversi-intuisi
|
Mengalami dunia dengan cara pribadi dan berusaha mengekspresikannya
secara pribadi
Sukar mengkomunikasikan intuisinya
|
Jung berteori
bahwa ada 3 macam teori kepribadian:
introvert yaitu lebih cenderung menyendiri
ekstrovert yaitu terbuka dan mudah berbaur
ambivert yaitu berada di kedua golongan tersebut
introvert yaitu lebih cenderung menyendiri
ekstrovert yaitu terbuka dan mudah berbaur
ambivert yaitu berada di kedua golongan tersebut
Tipe manusia menurut Jung: rational (yang mendasar
perilaku pada akalnya),intuisi (perkiraan), emosi (perasaan),
dan sensasi (penginderaan).
·
Dinamika kepribadian
o
Interaksi antar struktur kepribadian
Berbagai sistem,sikap,fungsi kepribadian saling berinteraksi denhan tiga
cara, yaitu dengan saling bertentangan,saling mendukung dan bergabung menjadi
satu kesatuan.
o
Energi psikis
·
Perkembangan kepribadian
o Mekanistik
o Purposif
o Sinkronitas
·
Tahap-tahap perembangan
Ada empat tahap perkembangan yang dikemukakan oleh Jung , yaitu usia
muda,usia pemuda,usia pertengahan,usia tua.
a.
Usia anak
Jung membagi usia anak menjadi 3 tahap yaitu:
1.
Tahap anarkis (0-6tahun) : ditandai dengan kesadaran yang
kacau dan sporadis.
2.
Tahap monarkis (6-8tahun) : ditandai denganperkembangan
ego,dan mulainya fikiran verbal dan logika
3.
Tahap dualistik (8-12tahun) : ditandai dengan pembagian ego
menjadi subjektif dan subjektif.
b.
Usia pemuda
Tahap
pemuda berlangsung mulai dari pubertas sampai usia pertengahan. Tahap ini
ditandai oleh meningkatnya kegiatan,kematangan seksual,tumbuh-kembangnya
kesadaran an pemahaman bahwa era bebasmasalah kehiduoan yang sudah hilang.
c. Usia pertengahan
Tahap
ini dimulai dari usia 35 atau 40 tahun. Periode ini ditandai dengan aktualisasi
potensi yang sangat bervariasi, seperti munculnya kebutuhan nilai
spiritual,kebutuhan yang selalu menjadi bagian dari jiwa.
d. Usia tua
Menurut
jung pada usia tua sama seperti anak-anak;pada kedua tahap itu fungsi
jiwasebagian besar bekerja di taksadar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar