WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 04 Desember 2012

Carl Gustav Jung (1875-1961)


v  Carl Gustav Jung (1875-1961)
Merupakan murid Freud, tetapi akhirnya mengmbangkan teorinya sendiri karena ketidaksetujuannya pada pendekatan Freud yang terlalu berorientasi pada seks. Jung lebih menekankan teori psikoanalisisnya pada ketidaksadaran kolektif dan ketidaksadaran pribadi yang masing-masing menyimpan pengalaman dari masa sebelum dilahirkan dan masa kanak-kanak yang berpengaruh pada ego yangmerupakan inti kesadaran pada masa kini. Pada akhirnya Ego-lah yang berhubungan dengan dunia luar.
·         Struktur kepribadian
Kepribadian atau psyche adalah mencakup keseluruhan pikiran , perasaan ,dan tingkah laku ,kesadaran dan ketidak sadaran.
o   Kesadaran dan ego
Menrut jung hasil pertama dari proses deferensiasi kesadaran adalah ego. Ego berperan penting dalam menentukan persepsi,pikiran,dan ingatan yang bisa masuk kesadaran.
o   Tak sadar pribadi dan komplek
Tak sadar pribadi berisi pengalaman yang ditekan,yang dilupakan,dan yabg gagal menimbulkan kesan sadar. Kompleks memppunyai inti,yaitu inti kompleks yang bertindak sebagai magnet yang menarik atau mengkonsentrasikan berbagai pengalaman kearahnya. Inti dan unsur yang terkait dgnnya bersipat tak sadar tetapi kaitan-kaitannya dapat dan sering menjadi dasar.
o   Arseptip
o   Pesona
Pesona dibutuhkan untukuntuk survival membantu diri mengontrol perasaan,pikiran dan tingkahlaku. Tujuannyaadalah menciptakan kesan tertentu pada orang lain dan sering juga menyembunyikan hakekatpribadi yang sebenarnya.
o   Anima dan Animus
Manusia pada dasarnya biseks. Begitu pula dalam kepribadian,ada arseptip feminim dalam kepribadian pria yg disebut anima. Dan arseptip maskulin dalam kepribadian wanita disebut animus.
o   Shadow
Bayangan adalah arsetip yang mencerminkan insting kebinatangan yan diwarisi manusia dari evolusi makhluk tingkat rendahnya. Jadi bayangan adalah sisi kebinatangan dari kepribadian manusia.
o   Self
Sel adalah arstipyang memotivasi perjuangan orang menuju keutuhan. Self menjadi pusat kepribadian. Melalui slf aspek kreativitas dalamketidaksadaran dirubah menjadi disadar dan disalurkanke aktivitas produktif.
icthisar tipologi jung

Sikap
Funsgi
Tipe
Cara kepribadian

Fikian
Ektraversi-pikiran
Manusia ilmiah,aktivitas intelektual,data objektif

perasaaan
Ekstraversi-perasan
Manusia dramatik,menyatakan emosi sec.terbuka dan cepat berubah

Pengindraan
Eksraversi-pengindraan
Pemburu kenikmatan,menyenangi dunia apa adanya

Intuisi
Ekstraversi-ntuisi
Pengusaha ,bosan dengan rutinitas terus menerus menginginkan duia baru untuk ditaklukan

Fikiran
Introversi-perasaan
Manusia filsuf,penelitian intelektual internal

perasaan
Introversi-perasaan
Penulis kreatif, sering mengalami emosional

Pengindraan


intuisi
Intrversi-pengindraan


Introversi-intuisi
Mengalami dunia dengan cara pribadi dan berusaha mengekspresikannya secara pribadi
Sukar mengkomunikasikan intuisinya


Jung berteori bahwa ada 3 macam teori kepribadian:
introvert yaitu lebih cenderung menyendiri
ekstrovert yaitu terbuka dan mudah berbaur
ambivert yaitu berada di kedua golongan tersebut
Tipe manusia menurut Jung: rational (yang mendasar perilaku pada akalnya),intuisi (perkiraan), emosi (perasaan), dan sensasi (penginderaan).
·         Dinamika kepribadian
o   Interaksi antar struktur kepribadian
Berbagai sistem,sikap,fungsi kepribadian saling berinteraksi denhan tiga cara, yaitu dengan saling bertentangan,saling mendukung dan bergabung menjadi satu kesatuan.
o   Energi psikis
·         Perkembangan kepribadian
o   Mekanistik
o   Purposif
o   Sinkronitas
·         Tahap-tahap perembangan
Ada empat tahap perkembangan yang dikemukakan oleh Jung , yaitu usia muda,usia pemuda,usia pertengahan,usia tua.
a.      Usia anak
Jung membagi usia anak menjadi 3 tahap yaitu:
1.      Tahap anarkis (0-6tahun) : ditandai dengan kesadaran yang kacau dan sporadis.
2.      Tahap monarkis (6-8tahun) : ditandai denganperkembangan ego,dan mulainya fikiran verbal dan logika
3.      Tahap dualistik (8-12tahun) : ditandai dengan pembagian ego menjadi subjektif dan subjektif.
b.      Usia pemuda
Tahap pemuda berlangsung mulai dari pubertas sampai usia pertengahan. Tahap ini ditandai oleh meningkatnya kegiatan,kematangan seksual,tumbuh-kembangnya kesadaran an pemahaman bahwa era bebasmasalah kehiduoan yang sudah hilang.
c.       Usia pertengahan
Tahap ini dimulai dari usia 35 atau 40 tahun. Periode ini ditandai dengan aktualisasi potensi yang sangat bervariasi, seperti munculnya kebutuhan nilai spiritual,kebutuhan yang selalu menjadi bagian dari jiwa.
d.      Usia tua
Menurut jung pada usia tua sama seperti anak-anak;pada kedua tahap itu fungsi jiwasebagian besar bekerja di taksadar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar